Tips Membuat Seragam Batik Keluarga

Tips Membuat Seragam Batik Keluarga

Tips Membuat Seragam Batik Keluarga – Nah, kali ini Griyabatiksolo.com akan sharing sedikit tentang Tips Membuat Seragam Batik Keluarga. Namun sebelum masuk kebahan pembicaraan sebaiknya anda tahu dulu apa itu batik ?.

 

Batik yaitu lukisan pada kain dengan menggunakan alat canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni yang sangat tinggi di atas kain mori. Batik sendiri berasal dari kata amba dan tik yang berasal dari bahasa jawa yang artinya adalah menulis titik. Kalau zaman dulu disebutnya ambatik.

 

Tips Membuat Seragam Batik Keluarga

 

Akhir-akhir ini batik memang sudah menjadi corak pakaian yang ngtrent. Batik yang dulunya hanya dipakai saat acara – acara resmi saja, sekarang batik sudah mulai di gandrungi oleh semua kalangan, baik kalangan muda, remaja maupun tua. Sehingga batik saat ini bukan hanya dipakai saat acara resmi saja namun baju batik juga biasa dipakai untuk seragam kerja dll. Banyak juga keluarga yang memilih baju batik sebagai seragam keluarga untuk acara resmi maupun acara keluarga.

 

Macam-Macam Teknik Pembuatan Batik

  1. Teknik Canting atau Tulis

Teknik canting yaitu teknik pembuatan batik dengan alat yang disebut canting yang biasanya digunakan di Jawa. Canting berfungsi untuk menggoreskan cairan malam pada sebagian pola di kain mori. Teknik ini memerlukan kesabaran dan keuletan karena prosesnya yang harus teliti dan membutuhkan waktu yang sedikit agak lama. Tidak heran jika batik tulis mempunyai harga yang mahal. Membatik dengan teknik ini disebut teknik membatik tradisional.

 

Tips Membuat Seragam Batik Keluarga

 

  1. Teknik Celup atau Ikat

Teknik celup atau ikat adalah pembuatan motif pada kain dengan cara mengikat sebagian kain, kemudian dicelup kebagian pewarna. Setelah diangkat dari larutan pewarna, ikatan dibuka sehingga bagian yang diikat tidak terkena warna.

 

Tips Membuat Seragam Batik Keluarga

 

  1. Teknik Printing dan Cap

Teknik printing dan cap yaitu teknik dengan menggunakan canting cap. Canting cap adalah pelat yang berisi gambar yang timbul, proses pembuatannya yaitu dengan cara mencelupkan permukaan canting cap kedalam cairan malam, kemudian dicapkan diatas kain mori sehingga akan membentuk gambar atau pola sesuai dengan alat cap yang anda inginkan. Teknik ini lebih cepat dibanding dengan teknik batik tulis.

 

Tips Membuat Seragam Batik Keluarga

 

  1. Teknik Colet

Teknik ini adalah teknik mewarnai pola batik dengan cara mengoleskan cat atau pewarna kain jenis tertentu pada pola batik dengan kuas. Teknik ini membutuhkan cita rasa seniman yang sangat tinggi, kreatifitas dan skill dan teknik pengkombinasian warna akan menentukan nilai seni pada kain batik tersebut. Semakin kecil, rumit dan detail gambar yang dihasilkan, semakin tinggi nilai seni dan nilai jual dari batik colet ini.

 

Tips Membuat Seragam Batik Keluarga

 

Jenis-Jenis Kain Batik

Berikut merupakan beberapa jenis kain batik yang digunakan untuk bahan dasar pembuatan kain batik:

  1. Kain Mori

Kain mori adalah kain tenun berwarna putih yang terbuat dari kapas, kain mori sendiri terbagi menjadi dua jenis yang sering dijadikan bahan kain batik yaitu:

  • Kain mori yang telah mengalami proses pemutihan.
  • Kain blacu adalah kain mori yang belum diputihkan.

Batik sebagian menggunakan kain mori karena kain mori mudah diproses. Dari segi kualitas pun kain mori sangat tampak pada kehalusan tekstur kain, sehingga selain mempermudah dalam proses membatik, kain mori juga dapat mempengaruhi kualitas batik yang dihasilkan.

Jenis kain mori ada 3 yaitu:

  • Kain Mori Primissima adalah kain yang paling halus biasanya digunakan untuk membuat batik tulis.
  • Kain Mori Prima adalah kain mori dengan kualitas kedua dari kain mori primissima, kain ini biasanya digunakan untuk membuat batik tulis maupun batik cap.
  • Kain Mori Biru adalah kain ini merupakan golongan ketiga, bahan ini biasanya digunakan untuk membuat batik yang bukan batik hals, karena susunan mori biru hanya menggunakan benang sehingga mempengaruhi proses membatik.

 

  1. Kain Katun

Kain katun adalah kain yang paling umum yang biasa digunakan untuk membatik. Kain katun juga mempunyai beberapa tingkatan yaitu kain katun primisima lebih bagus dari katun prima, dan kain polisima paling bagus antara keduanya.

 

  1. Kain Paris

Kain paris teksturnya lebih lembut dan jatuh, bahannya tipis dengan serat kain yang kuat. Kain paris juga memiliki tingkatan-tingkatan seperti kain yang lain.

 

  1. Kain Serat Nanas

Kain serat nanas memiliki tekstur yang kasar. Biasanya terlihat salur-salur pada pada kain tersebut  dan mengkilat. Kain ini juga mempunyai tingkatan seperti halnya kain yang lain.

 

  1. Kain Sutera

Kain batik sutera terbuat dari serat kepompong. Kain sutera adalah bahan pakaian terbaik didunia. Karena pakaian yang berbahan dasar dari kain sutera akan terasa sangat nyaman.

 

Tips Membuat Seragam batik Keluarga

  1. Buatlah kesepakatan dulu dengan keluarga mengenai model dan corak batik yang akan dibuat seragam.
  2. Anda dapat melakukan observasi kebeberapa toko atau distributor kain batik untuk mendapatkan kain yang sesuai dengan corak yang diinginkan.
  3. Mendata ukuran yang pas untuk masing-masing keluarga.
  4. Jika membuat desain, anda bisa menyerahkan kepada penjahit atau anda dan keluarga bisa membuat sendiri sesuai kreatifitas masing-masing. Hal ini tentu lebih kreatif, inovatif.

 

Nah, bagi anda yang ingin memesan kain batik, anda bisa hubungi admin kami 6285877838945 atau dengan mengunjungi alamat website kami www.griyabatiksolo.com.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *