Grosir kain Batik Solo

Grosir kain Batik Solo

Grosir kain Batik Solo – Kain batik adalah salah satu kreasi tekstil tradisional dari Indonesia yang diakui dunia. Asal mula kain batik di Indonesia yaitu berasal dari Jogjakarta. Bahan batik asli yang awalnya hanya dibuat dengan canting (Proses cap / tulis), yang dipakai pada saat upacara sakral kerajaan Jawa (Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Solo).

 

Saat ini perkembangan kain batik sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari sisi warna, corak motif, proses dan bahannya. Bahkan saking populernya kain batik ada beberapa daerah yang mempunyai ciri khas sendiri untuk motif batik yang mereka buat salah satunya yaitu motif batik Kota Solo, Solo adalah salah satu kota di mana kain batik berkembang, beda dengan daerah Pekalongan, Cirebon, Lasem, dan Madura yang memiliki ciri khas kain batik yaitu  memiliki warna yang cerah dan ornamen motif yang lebih modern sebagai hasil akulturasi budaya Cina-Belanda-Jawa, namun ciri khas dari batik solo yaitu kain batik Solo memiliki ciri khas geometris pada batiknya. Contohnya Sidomukti, Sidoluruh, dan Sidoasih. Selain motif geometris ciri khas batik Solo adalah ukuran motifnya yang kecil, atau istilahnya Truntum.

 

Grosir kain Batik Solo

Grosir kain Batik Solo Berkualitas

A. Sejarah Kain Batik Solo

Grosir kain Batik Solo – Batik solo sendiri bermula pada masa kerajaan pajang lebih dari 4 abad yang lalu. Pada saat itu kerajaan yang merupakan kelanjutan dari dinasti demak tersebut memindahkan pemerintahannya dari Demak Bintoro ke Pajang. Kampung batik laweyan adalah sebuah kampung yang sangat tua. Menurut sejarah kampung ini sudah ada sejak tahun 1546 M (sejak zaman kerajaan pajang), Ki Ageng Henis yang dikenal dengan Ki Ageng Laweyan merupakan “manggala pinatuwaning nagaria” semasa Jaka Tingkir masih menjadi Adipati pajang. Beliau adalah kakek dari Danang Sutawijaya yang menjadi pendiri kerajaan Mataram.

 

Desa laweyan laweyan yang terletak di tepi sungai, dulunya adalah pusat perdagangan Lawe (bahan baku tenun). Bahan baku kapas yang dipasok dari daerah juwiring, pedan dan gawok, kemudian diproses pendistribusian barang melalui bandar Kabanaran yang tak jauh dari pasar Lawe. Sebenarnya bandar di daerah ini sangat banyak, sehingga lewat bandar-bandar tersebutlah yang menghubungkan Desa Laweyan Menuju Sungai Bengawan Solo. Sehingga dari sinilah batik terhubung dengan daerah pesisir.

 

Grosir kain Batik Solo

Grosir kain Batik Solo Harga Grosir

B. Motif Grosir Kain Batik Solo

  • Kain Batik Motif kawung

Kain batik ini diberi nama batik kawung karena motifnya berbentuk bulat-bulat agak lonjong seperti kawung. Bagi kamu yang belum tahu, kawung adalah sejenis buah kelapa atau yang sering disebut buah kolang-kaling. Motif kawung ini disusun secara geometris dan sejajar seperti bunga teratai dengan empat buah kelopak bunga. Orang Jawa mengartikan bunga teratai sebagai lambang kesucian dan umur panjang.

 

  • Kain Batik Motif Kawung

Banyak yang mengatakan motif batik ini adalah salah satu motif batik tertua di Indonesia. Motif parang membentuk seperti susunan huruf S yang saling jalin-menjalin dari tinggi ke rendah dan membentuk garis-garis diagonal. Makanya motif ini diberi nama parang yang berasal dari kata pereng yang berarti lereng. Jalinan motif S yang tak terputus itu melambangkan kesinambungan. Sementara motif huruf S itu sendiri diambil dari ombak yang bagi orang Jawa melambangkan semangat yang nggak pernah surut.

 

  • Kain Batik Motif Truntum

Kata truntum berasal dari istilah teruntum-tuntum, yang berarti tumbuh lagi. Jadi, kain ini melambangkan yang bersemi kembali. Nggak hanya untuk yang berpacaran, tapi juga untuk yang sudah menikah. Selain itu, kata truntum juga memiliki arti penuntun dan pemberi contoh. Yang memakai kain ini biasanya adalah para orangtua saat acara pernikahan anaknya, yang diharapkan bisa menjadi panutan yang baik bagi anaknya.

 

Kain ini biasanya berwarna dasar hitam. Diatasnya terdapat motif bunga yang bertaburan kecil-kecil menyerupai bunga Melati. Kain dengan motif ini sudah sangat populer di Pulau Jawa, terutama di Solo yang merupakan kota asal kain ini.

 

  • Kain Batik Motif Sidomukti

Motif batik Sidomukti juga merupakan motif batik yang sangat populer dan mudah sekali ditemukan karena kepopulerannya. Biasanya digunakan para mempelai pengantin saat acara pernikahan adat Jawa, terutama untuk masyarakat Solo.

 

Kata Sidomukti berasal dari kata sido, yang berarti jadi dan berkesinambungan terus-menerus, serta dari kata mukti yang berarti kehidupan yang makmur dan sejahtera. Makanya, para pengantin mengenakan kain ini untuk pernikahannya dengan harapan mempunyai kehidupan berumah tangga yang selalu berkecukupan, bahagia, dan sejahtera.

 

  • Kain Batik Motif Satrio Manah

Kain batik motif satrio manah adalah motif kain batik yang cocok untuk prosesi lamaran. Calon mempelai pria dan walinya memakai kain motif ini dengan harapan lamarannya diterima oleh pihak calon mempelai wanita. Soalnya, kain dengan motif ini melambangkan seorang ksatria yang memanah hati seorang wanita.

 

  • Kain Batik Motif Semen Rante

Seperti kain satrio manah yang dipakai calon mempelai lelaki saat lamaran, calon mempelai wanita juga mempunyai kain tersendiri untuk dipakai, yaitu kain dengan motif semen rante. Semen berasal dari kata semai atau tumbuh dan rante berasal dari kata rantai. Kata semen melambangkan cinta kedua mempelai yang selalu bersemi. Sedangkan rante melambangkan hati wanita tersebut selamanya sudah terikat dengan calon mempelai pria. Artinya sudah tidak ada lagi kesempatan untuk laki-laki lain.

 

  • Kain Batik Motif Sawat

Batik motif ini pada zaman dahulu dipakai oleh keluarga kerajaan karena motif ini dianggap sakral. Motif di kain ini berbentuk sayap yang menyerupai burung garuda dan oleh orang-orang Jawa dimaknai sebagai simbol kekuatan dan kekuasaan sang raja. Batik dengan motif ini sering digunakan juga untuk pengantin.

Source : pegi-pegi.com

 

Grosir kain batik Solo untuk Reseler

Pesan saja disini !!!

Grosir kain Batik Semarang, bagi anda yang ingin membeli Baju Batik dan kain batik, dan bagi Anda ingin Menjadi reseler baju dan kain batik dengan harga grosir Anda bisa melakukan pembelian di Griyabatiksolo.com. dengan menghubungi Admin kami 085728884859

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *