Grosir Kain Batik Pekalongan

Grosir Kain Batik Pekalongan

Grosir Kain Batik Pekalongan – Batik sendiri merupakan kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, yang kemudian diolah dan diproses dengan cara tertentu yang memiliki ke khasan.

 

Persebaran batik di indonesia terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di pulau Jawa, pengembangan Batik banyak dilakukan pada zaman Kesultanan mataram, kemudian berlanjut pada zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

 

Grosir Kain Batik Pekalongan

 

Kesenian Batik di Indonesia telah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit hingga Kerajaa – kerajaan berikutnya beserta Rajanya. Kesenian Batik umumnya berkembang di Indonesia dan secara khusus di pulau Jawa setelah akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19.

 

Grosir Kain Batik Pekalongan Berkualitas

Teknik pembuatan Batik sendiri sudah diketahui lebih dari 1.000 tahun yang lalu, kemungkinan berasal dari Mesir Kuno atau Sumeria. Teknik Batik pun meluas di beberapa Negara di Afrika Barat dan di Asia.

 

 

Grosir Kain batik pekalongan

 

Hingga awal abad ke-20, batik yang dikenal adalah batik tulis, batik cap sendiri baru dikenal setelah perang Dunia 1 berakhir atau sekitar tahun 1920. Hingga saat ini kesenian Batik pun tetap berkembang dan dilestarikan, bahkan ada beberapa daerah yang memiliki ciri khas seni Batik, salah satunya adalah Kain Batik Pekalongan.

 

Kota Pekalongan merupakan kota didaerah utara Jawa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang di sisi timur, kemudian laut jawa di sisi utara, serta kabupaten pekalongan di sisi selatan dan sisi barat.

 

Grosir Kain Batik Pekalongan

 

Kota Pekalongan mempunyai julukan yaitu Kota Batik Pekalongan, hingga membuat kota tersebut masuk kedalam jaringan kota kreatif oleh UNESCO dalam katagori crafts & folk art pada akhir tahun 2014 serta mempunyai City Branding yaitu World’s city of Batik.

 

Sejarah Motif Batik Pekalongan

Sesuai dengan namanya, Batik Pekalongan merupakan corak batik yang dibuat oleh Masyarakat Pekalongan. Karena kebanyakan perajin batik yang ada di Pekalongan tinggal di wilayah pesisir utara pulau jawa, maka hal tersebut membuat batik Pekalongan juga biasa di sebut dengan sebutan batik pesisir.

 

Grosir Kain Batik Pekalongan

 

Sejarah batik pekalongan sendiri mencatat bahwa terdapat faktor pengaruh kebudayaan dari Masyarakat sekitar yang selalu berubah – ubah dan saling meniru yang menimbulkan kreativitas para perajin batik di pekalongan untuk selalu membuat motif batik pekalongan baru.

 

Hal ini di sebabkan karena perkembangan dari batik sudagaran itu sendiri yang cenderung bebas dalam motifnya namun tetap mengacu pada pakem membatik.

Grosir Kain Batik Pekalongan Harga Grosir

Motif Batik Pekalongan

Berikut ini beberapa ciri motif batik pekalongan diantaranya,

 

  1. Motif Batik Pekalongan Klasik merupakan motif semen. Motif ini tidak beda dengan motif klasik semen dari Daerah Jawa Tengah yang lain, seperti Solo dan Yogyakarta.

didalam motif semen terdapat ornamen berbentuk tumbuhan dan garuda/sawat. Yang membedakan antara batik Pekalongan dengan batik Solo/Yogyakarta adalah pada batik pekalongan klasik hampir tidak ada cecek.

Pada batik pekalongan semua pengisian motif berupa garis – garis.

 

  1. Motif Asli Pekalongan adalah motif Jlamprang, yaitu suatu motif semacam nitik yang tergolong motif batik geometris.

 

  1. Warna Soga merupakan kain batik yang mempunyai motif berasal dari tumbuhan.

 

  1. Kain batik yang bercorak Cina bermotif ornamen Liong berupa naga besar berkaki dan burung Phoenix pada motif batik pekalongan.

 

  1. Kain batik bermotif bentuk – bentuk realistis dan banyak menggunakan cecek – cecek, serta cecek sawut (titik dan garis) merupakan kain batik pekalongan yang dikembangkan oleh pengusaha kain batik halus keturunan Cina.

 

  1. Kain batik dengan motif warna cerah, yang dikembangkan oleh penduduk Daerah pantai yang menyukai warna cerah seperti merah, kuning, hijau, biru, violet, dan orange.

 

Motif Batik Pekalongan Jlamprang

Grosir Kain Batik Pekalongan – Motif batik Jlamprang merupakan Kain batik yang diyakini dan diakui oleh beberapa pengamat motif batik, sebagai motif batik asli pekalongan.

 

Grosir Kain Batik Pekalongan

 

Motif Isen Batik Pekalongan

Grosir Kain Batik Pekalongan – motif batik pekalongan menggunakan isen – isen berupa titik atau dalam bahasa jawa disebut dengan istilah cecek cecek. Titik tersebut bisa berupa cecek-garis atau cecek-pitu. Motif yang sangat jarang dijumpai model cecek-sawut atau sawut, juga isen yang lain seperti cacah gori.

 

Terkadang karena sangat dominannya motif cecek ini, sehingga semua garis yang membentuk pola dalam motif batik pekalongan ini juga berupa cecek.

 

Bagi Anda yang ingin membeli dan ingin menjadi reseler kain dan baju batik, Anda bisa langsung memesannya di Griya Batik Solo atau hubungi Admin kami di Nomor 085728884859.

 

Semoga Bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *